Minggu, 16 Desember 2012

Danau Ranau Masih Menawan


Pemandangan Danau Ranau yang terletak di Kabupaten OKU Selatan, Provinsi Sumsel yang hingga kini masih asri dan belum banyak tersentuh

MUARADUA - Lokasi wisata Danau Ranau, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKU Selatan), masih menarik untuk dikunjungi.

"Tapi sayang, lokasinya agak jauh dari Kota Palembang. Perjalanan enam jam, tanpa paket pendukung diperjalanan terasa membosankan," ujar Usman Effendi, pengurus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Sumsel.

Danau terluas kedua di Pulau Sumatera, setelah Danau Toba di Sumatera Utara, merupakandanau volcano masih menyajikan pemandangan alami dan belum banyak sentuhan.

Pemandangan pagi hari, beberapa perahu pencari ikan menjadi sajian menarik. Nelayan memasang jaring untuk diangkat menjelang sore. Atau melepas jaring menjelang malam, untuk dipanen menjelang pagi.

Danau Ranau merupakan danau bentukan dari letusan besar pada zaman purba. Menurut kajian kalangan geologi, danau terbentuk akibat letusan volkano sekitar 2 juta tahun lalu dan menyisakan kaldera di bawah permukaan air.

Danau yang berada persis berada di atas Patahan Semangka, yang membentang sepanjang 1.200 kilometer dari ujung Aceh sampai ke Selatan sampai ke Lampung Selatan.
Penulis : Sutrisman
Editor : Soegeng Haryadi
Sriwijaya Post - Jumat, 14 Desember 2012

0 komentar:

Posting Komentar